NIK dan No KK Bisa Digunakan Untuk Cek Status Bansos Anda

Posted on 02 Nov 2019


NIK dan No KK Bisa Digunakan Untuk Cek Status Bansos Anda

PATI –  Jika masyarakat ingin tahu apakah seseorang mendapatkan Bantuan Sosial (BANSOS), sekarang terbilang mudah. Hanya dengan mengecek nomor induk kependudukan (NIK) kartu tanda penduduk (KTP) saja, maka bisa diketahui apakah seseorang itu mendapatkan BANSOS atau tidak. Hal ini akan sangat membantu masyarakat untuk mengetahui BANSOS yang mereka dapatkan. 

Hanya dengan melihat NIK pada KTP yang dimiliki, dapat diketahui penduduk tersebut kategori miskin atau tidak. Bahkan, bagi yang tidak memiliki KTP sekalipun, masih dapat dideteksi dengan NIK yang juga tercantum dalam Kartu Keluarga (KK).

Dengan demikian, semuanya dapat dengan mudah dicek. Khususnya bagi  layanan masyarakat yang berbasis teknologi informasi, dapat dengan cepat mengaksesnya untuk melihat keluarga yang tergolong miskin atau tidak.

Masyarakat bisa mengakses layanan tersebut melalui website https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id/public/dashboard. Layanan ini bisa diakses secara online oleh siapapun. Hal ini akan memudahkan bagi masyarakat secara umum.

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada bulan januari 2019 di Kabupaten Pati terdapat 191.670 KK yang meliputi Penerima BPNT/BSP sebanyak 103.649 KK, Penerima PKH sebanyak 53.391 KK, Penerima KIP sebanyak 26.070 Jiwa dan Penerima KIS/PBI JKN sebanyak 622.439 Jiwa. (AS/MN)

laman dikutip dari PKHPati.com


Search
Categories